Numbers ID | Matematikawan Pertama Adalah Wanita?

Matematikawan Pertama Adalah Wanita?

Ditulis oleh Vincent Ricardo, Founder & CEO Numbers ID, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Disadari atau tidak, seluruh kehidupan di bumi saat ini sangat bergantung pada matematika.

Berangkat dari kenyataan bahwasanya matematika tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia saat ini, timbul pertanyaan berapakah usia dari Matematika itu sendiri?

Jawabannya yaitu, sampai sekarang tidak ada waktu yang pasti mengenai kapan pertama kali ilmu Matematika ditemukan.

Matematika telah berkembang dimulai dari perhitungan sederhana, pengukuran, dan studi sistematis tentang bentuk dan gerak dari objek fisik, melalui penerapan abstraksi, penggambaran dan logika, dengan disiplin yang luas, kompleks dan seringkali abstrak sebagaimana yang kita kenal sekarang.

Nenek moyang kita yang masih belum tinggal menetap bahkan telah memiliki kesanggupan akan penjumlahan yang sangat mendasar. Mereka secara naluriah tahu perbedaan antara satu dan dua antelop (mamalia yang bentuknya menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas). Namun, lompatan intelektual  dari kesanggupan akan penjumlahan yang sangat mendasar seperti membedakan satu antelop dengan dua antelop atau banyak antelop hingga ke penemuan sebuah simbol matematis atau kata-kata untuk mewakili ide yang abstrak berlangsung sangat lama.

Menariknya, sejumlah peralatan yang terbuat dari tulang-berulang ditemukan pada tahun 1960 yang disebut Tulang Ishango yang berusia kurang lebih 20.000 tahun (sekarang terletak di lantai 19 dari Royal Institute for Natural Sciences di Belgia, Brussels dan hanya dapat dilihat dengan izin khusus).

Pada salah satu bagian ujung tulang tersebut terdapat sebuah kuarsa untuk menulis, dan tulang tersebut memiliki serangkaian goresan-goresan yang terukir secara berkelompok.
Semula, goresan tersebut dianggap sebagai goresan-goresan untuk berhitung sebagaimana penulisan hitungan di seluruh dunia.

Namun, tulang Ishango ternyata jauh dari sekadar perhitungan sederhana. Studi terbaru menunjukkan bahwasanya goresan-goresan yang terdapat pada tulang Ishango adalah goresan untuk menghitung fase bulan.

Siapa yang lebih membutuhkan fase bulan selain wanita yang ingin melacak sirklus haid? Apakah ahli matematika pertama di dunia adalah seorang wanita?

(Note) :
– Fase bulan yakni 29,5 hari sedangkan sirklus haid wanita pada umumnya yaitu 28 hari.
– Fase bulan adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengorbit bumi dan memperlihatkan fase yang sama ke bumi

References :

Story of Mathematics

Math Buffalo

Hormone Horoscope

Educating for Diversity | Follow our social media @numbersacademy

(122)

Comments

comments